Gempa gempa Terdahsyat di Dunia Sejak tahun 1900

Gempa gempa Terdahsyat di Dunia Sejak tahun 1900 - Halo teman, kali ini saya menuliskan Gempa gempa Terdahsyat di Dunia Sejak tahun 1900. Bencana alam terjadi hampir setiap bulan, tornado, banjir, letusan gunung berapi, gempa bumi dan tsunami datang dan pergi dengan cepat. Mereka adalah kekuatan destruktif alam yang berdampak negatif pada kehidupan masyarakat dan perekonomian suatu daerah, dengan nyawa manusia dan mengubah kota dan bidang garapan dalam perang -seperti zona di mana orang tidak bisa lagi hidup. Perubahan iklim baru membawa peningkatan bencana alam, pada tahun 2012 yang terdaftar 905 peristiwa tersebut di seluruh dunia. Dekade terakhir terdaftar besarnya sangat tinggi, gempa bumi berdampak tinggi dan spesialis tidak bisa menentukan penyebab pasti ini kejadian atau frekuensi mereka meningkat. Gempa ini sangat merusak jika terjadi di daerah-daerah padat penduduk, seperti kota metropolitan besar atau jika itu memicu gelombang tsunami besar, jauh lebih merusak dari gempa sendiri.

Gempa gempa Terdahsyat di Dunia Sejak tahun 1900:


Gempa Cili Terbesar

10. Assam, Tibet

Besaran : 8.6 Ritcher

Gempa terjadi pada 15 Agustus 1950 dan menewaskan hampir 1500 orang di seluruh Tibet dan Assam, India. Gelombang kejut dirasakan semua jalan melalui Yunnan, Cina dan Calcutta, India. Ini menciptakan tanah longsor besar yang akhirnya berhenti dari sungai yang mengalir bebas. Sungai-sungai daerah banjir besar termasuk desa dan orang tewas.

9. Nias, Sumatera Utara, Indonesia

Besaran : 8.6 Ritcher

Gempa ini melanda Indonesia pada tanggal 28 Maret 2005; hanya beberapa bulan setelah gempa bumi besar tahun 2004 diikuti oleh tsunami besar, dan menewaskan 1300 orang. Ini berlangsung selama sekitar dua menit dan ada delapan gempa susulan utama dengan besarnya 5-6. Daerah yang paling terkena dampak adalah Pulau Nias di mana bangunan runtuh dan sebagian besar orang tewas atau terluka. Peringatan tsunami dikeluarkan tapi gelombang tidak yang tinggi dan mereka tidak menghasilkan banyak kerusakan.

8. Rat Islands, Alaska

Besaran : 8.7 Ritcher

Gempa besar ini terjadi di sini pada tahun 1965. Ini menghasilkan tsunami setinggi 10 meter yang tersebar di semua jalan melalui Jepang. Karena lokasi terpencil kerusakan tidak tinggi dan minimum kehancuran. Dua bulan kemudian gempa susulan 7,6 membuat pulau-pulau vulkanik Aleutian gemetar lagi tapi tsunami kecil dan tidak ada kerusakan yang terdaftar. Tidak ada kematian yang dilaporkan.

7. Lepas pantai Ekuador, Kolombia

Besaran : 8.8 Ritcher

Pada Januari 31, 1906 sebuah gempa berkekuatan 8,8 terjadi di lepas pantai Ekuador dan Columbia dan menghasilkan tsunami besar yang menewaskan antara 500 dan 1500 orang. Tsunami mencapai San Francisco dan Jepang dan bahkan peristiwa itu terjadi lebih dari 100 tahun yang lalu orang-orang ingat itu. Mereka mengatakan bahwa sejumlah besar air bergegas menuju Honolulu Bay dan membanjiri daerah memutar perahu sekitar.

6. Lepas pantai Maule, Chili

Besaran : 8.8 Ritcher

Sebulan setelah bencana gempa 7,0 Haiti yang menewaskan 200.000 orang, bumi berguncang lagi, kali ini di Chili. 500 orang tewas, 800.000 pengungsi dan lebih dari 1,8 juta terkena dampak gempa - tsunami combo yang melanda daerah tersebut. Peringatan tsunami dikeluarkan di 53 negara. Kerusakan diperkirakan mencapai $ 30 miliar.

5. Semenanjung Kamchatka, Rusia

Besaran : 9.0 Ritcher

Pertama 9,0 gempa di dunia tercatat pada tahun 1952. Tidak ada kematian yang dilaporkan tetapi 13 meter tsunami mencapai Crescent City, California dan sifat rusak hingga $ 1 juta Hawaii. Gelombang merusak rumah, dermaga, jalan dan membawa kapal ke pantai.

4. Pantai Timur Honshu, Jepang

Besaran : 9.0 Ritcher

Gempa terbesar yang pernah tercatat di Jepang, menghantam pantai pada tanggal 11 Maret 2011 dan berlangsung sekitar 6 menit. Tsunami menewaskan 29.000 orang dan merusak reaktor nuklir Fukushima. Ada lebih dari 50 gempa susulan, dengan besarnya 6,0 atau lebih besar. Gempa pindah timur laut Jepang 2,4 meter lebih dekat ke Amerika Utara dan sebagian dari 400 km garis pantai turun 0,6 meter memungkinkan tsunami pindah ke pedalaman lebih cepat dan lebih luas. Hal ini juga bergeser poros bumi antara 10 cm dan 25 cm, pergeseran disebabkan oleh redistribusi massa di permukaan.

3. Padang, Sumatera Utara

Besaran : 9.1 Ritcher

Ini adalah gempa terbesar ketiga di dunia. Ini menewaskan 227.898 orang dan 1,7 juta orang mengungsi akibat tsunami yang melanda berikut 14 negara di Asia Tenggara dan Afrika Timur. Tsunami menyebabkan lebih banyak kerusakan dan korban jiwa lebih dari gelombang lainnya yang pernah terdaftar dan tercatat di seluruh dunia sehari setelah Natal pada 26 Desember 2004.

2. Pangeran William, Alaska

Besaran : 9.2 Ritcher

Gempa berlangsung sekitar 3 menit, menewaskan 128 orang dan menghasilkan $ 311.000.000 dalam kerusakan pada tahun 1964. Hal ini menyebabkan tanah longsor besar yang melanda sektor bisnis Anchorage itu, saluran telepon hancur, pipa gas dan sistem kelistrikan dan mengganggu kegiatan di banyak kota di Alaska. Tsunami menyebabkan kerusakan sepanjang jalan ke Hawaii.

1. Valdivia, Chili

Besaran : 9.5 Ritcher

Ini merupakan gempa terbesar yang pernah tercatat. Itu terjadi pada tahun 1960 di Chili dan menewaskan 1.665 orang. Ribuan orang lainnya terluka dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal. Kerusakan diperkirakan mencapai $ 550 juta. Tsunami menewaskan 61 orang di Hawaii dan 32 di Filipina. Dua hari setelah gempa gunung berapi meletus mengirim nada abu di atmosfer selama berminggu-minggu.

Maka, demikianlah artikel Gempa gempa Terdahsyat di Dunia Sejak tahun 1900, semoga dapat membantu Anda untuk lebih paham. Terima kasih telah membaca artikel diatas.