6 Klub Sepak Bola Eropa yang Disponsori Perusahaan Indonesia

Jangan kaget jika saat menonton pertandingan sepak bola klub-klub Eropa kemudian muncul nama, logo atau produk perusahaan Indonesia. Indonesia dikabarkan tengah mendekat dengan gemerlap panggung sepak bola dunia. Pendekatannya bisnis itu didasari karena semakin kokohnya sektor bisnis di tanah air sehingga terbuka peluang untuk menjadi sponsor klub sepak bola papan atas. Berikut adalh klub papan atas Liga Eropa yang disponsori perusahaan Indonesia.

1. Manchester – City Extra Joss
manchester-city-extra-joss
Extra Joss, telah resmi menjalin kerja sama dengan Manchester City. Minuman berenergi itu akan menjadi partner eksklusif minuman berenergi untuk klub tersebut di Indonesia dan Lagos, Nigeria.

2. Chelsea – Bank negara Indonesia (BNI)
chelsea-bank-negara-indonesia-bni
Juara Liga Champion tahun lalu ini, Chelsea disponsori oleh Bank negara Indonesia (BNI). Kerja sama itu diumumkan 24 Maret tahun lalu. BNI merupakan sponsor perbankan pertama yang dimiliki Chelsea FC di Asia. BNI tercatat sebagai sponsor regional Chelsea.

3. Real Madrid - Kacang Dua Kelinci
real-madrid-kacang-dua-kelinci
Kacang Dua Kelinci memutuskan untuk menjadi official sponsor Real Madrid. Kerja sama antara Kacang Dua Kelinci dan Real Madrid sudah terjalin sejak Agustus 2010, namun baru dipublikasikan 2011.

4. Liverpool - Garuda Indonesia
liverpool-garuda-indonesia
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia secara resmi menjadi maskapai penerbangan bagi Liverpool FC. Kerjasama ini akan berlangsung selama lima musim kompetisi (2012-2015).

5. Manchester United – Bank Danamon
manchester-united-bank-danamon
Bank Danamon menjadi sponsor klub Liga Inggris yang sudah mengoleksi 20 gelar. Pilihan Danamon dinilai tepat karena fans Setan Merah (julukan Manchester United) di Indonesia sangat banyak, mencapai 30 juta.

6. AC Milan – PT Pertamina (Persero)
ac-milan-pt-pernamina-persero
PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan menjadi sponsor AC Milan. VP Corporate Brisan pendukung AC Milan di Indonesia menjadi alasan utama Pertamina, dengan menggandeng AC Milan, Pertamina berharap kecintaan masyarakat penggila bola di Tanah Air pada produk Pertamina dapat meningkat.