5 Kebiasaan yang Menyebabkan Gemuk tanpa Disadari

Kadang kita melakukan kebiasaan yang tanpa disadari menyebabkan peningkatan berat badan secara signifikan. Padahal kebiasaan tersebut sekilas sama sekali tak ada hubungannya dengan penambahan lemak di lipatan-lipatan tubuh.


kebiasaan-yang-bikin-gemuk

Apa saja kebiasaan yang menyebabkan gemuk tersebut? Livestrong melansirnya untuk Anda berikut ini:
  • Kurang minum
Seseorang yang kurang minum akan membuat tubuhnya menunjukkan tanda-tanda seperti kelelahan. Bila respon Anda salah dengan menafsirkan kelelahan itu sebagai ‘butuh asupan makanan’, lantas Anda makan dengan jumlah berlebih, maka itu adalah pintu dimulainya kegemukan.
  • Kurang protein
Konsumsi protein dapat membuat sistem pencernaan Anda bekerja 2 kali lebih keras, dan membakar lebih banyak kalori. Jika konsumsi protein Anda sedikit, maka kalori yang dibakar juga sedikit, dan menyebabkan sisa kalori tertimbun sebagai lemak.
  • Terlalu banyak kalori cair
Contoh kalori cair adalah minuman manis. Kalori tersebut tidak efisien sebab hanya menambah berat badan namun tak membuat Anda kenyang. Bila Anda mengonsumsi kalori cair dalam jumlah banyak, maka tak heran angka timbangan Anda terus bertambah.
  • Kurang tidur
Sebuah penelitian yang dilakukan Standford University dan University of Chicago menyebutkan alasan mengapa kurang tidur menyebabkan gemuk. Adanya penurunan hormon leptin, membuat Anda akan merasa puas bila makan. Sedangkan hormon bernama ghrelin meningkat, yang berakibat nafsu makan Anda meningkat.
  • Menimbun cemilan
Jika Anda memang berniat untuk tetap langsing, maka jangan menimbun cemilan dalam kulkas. Singkirkan sirup kalori tinggi, donat, dan cake serta ganti dengan buah dan sayur yang menyehatkan.

1 komentar:

tubuh gemuk menyimpan lemak, lemak bisa memicu kanker....baca di sini http://kanker-onlineweblog.blogspot.com/2013/10/gejala-kanker-payudara-penyebab-kanker-payudara.html