10 Organ Tubuh yang Tidak Berguna

Struktur vestigial pertama kali dijelaskan oleh Charles Darwin, sebagai bukti dari teori evolusi nya, yang mewakili titik awal dari cara pandang yang sama sekali baru untuk melihat kehidupan dan manusia, serta sebuah kontroversi yang intens yang berlangsung sampai hari ini. Struktur-struktur vestigial dipandang oleh Darwin sebagai organ yang tidak berguna, meskipun ilmu pengetahuan saat ini juga memberi label "vestigial" terhadap struktur-struktur yang masih melayani peran kecil, atau sekunder. Berikut 10 organ tubuh yang paling penting yang banyak diyakini diwariskan dari nenek moyang primata kita.

1. Usus buntu
usus-buntu

Usus buntu adalah struktur vestigial yang paling terkenal dari tubuh manusia. Sementara usus buntu mamalia lainnya masih memiliki fungsi, usus buntu manusia tetap tidak terpakai dan terdegradasi dari organ organ lainnya yang kita miliki hari ini. Darwin mempromosikan ide bahwa mungkin usus buntu manusia adalah sistem pencernaan daun pada primata, sementara ilmuwan lain percaya bahwa usus buntu mungkin masih ada fungsinya hingga saat ini, meskipun sampai sekarang tidak ada bukti yang jelas untuk mempertahankan kedua teori tersebut.

2. Tulang Ekor
tulang-ekor

Tailbone kita adalah bukti besar bagi teori evolusi dan dengan demikian, menjadikannya bagian yang sangat kontroversial dari tubuh kita. Sementara beberapa klaim menyatakan bahwa tulang ekor memang memiliki peran, sebagai penopang organ panggul dan sebagai konektor untuk beberapa otot dari kaki (sehingga menjadi penopang dari teori kreasionis), yang lain menyebutkan operasi pemindahan tulang ekor, tidak berpengaruh pada kehidupan lebih lanjut dari pasien dan bahkan memberikan contoh bayi yang lahir dengan ekstensi tulang ekor dalam bentuk ekor kecil.

3. Puting Pria
puting-pria

Untuk apa pria memiliki puting susu? Tidak ada alasan sama sekali akan menjadi jawaban yang tepat. Puting pria adalah contoh lain dari bagian tubuh manusia yang tidak atau belum diketahui gunanya, karena mereka tidak memiliki peran dalam fungsi organisme laki-laki. Namun, mereka tidak memiliki asal yang sama sebagaimana tulang punggung. Sebenarnya, jaringan payudara dan puting dibentuk dalam tahap evolusioner awal janin, ketika jenis kelamin calon bayi belum ditentukan.

4. Gigi bungsu
gigi-bungsu

Gigi bungsu adalah salah satu struktur vestigial dari tubuh manusia. Kadang-kadang, gigi ini tidak tumbuh sama sekali dan terus tetap dalam tulang rahang selama hayat pemilik. Mereka jelas vestigial, karena mereka tidak berguna ketika makan. Manusia biasanya tidak mengunyah dengan menggunakan gigi, karena mereka terlalu jauh ke belakang dalam mulut kita. Gigi bungsi ini dianggap membuktikan bahwa manusia berevolusi dari primata yang memiliki mulut jauh lebih besar dan mampu menggunakan gigi-gigi ini.

5. Kelopak Mata Ketiga
kelopak-mata-ketiga

Kelopak mata ketiga atau "plica semilunaris" adalah membran transparan yang digunakan untuk melindungi mata dan ini paling sering ditemui pada reptil burung dan ikan, tetapi beberapa mamalia memiliki juga. Apa yang Anda mungkin tidak tahu adalah bahwa manusia memiliki kelopak mata ketiga yang vestigial juga. Hal ini sekarang diterima secara umum bahwa jaringan lipatan kecil di sudut bagian dalam mata, yang mungkin telah perhatikan beberapa kali, sekarang tidak berguna, sebelumnya adalah yang tersisa dari sebuah membran transparan yang kita miliki dalam tahap pengembangan awal.

6. Rambut tubuh dan Bulu Kuduk
bulu-kuduk

Untuk apakah bulu rambut di tubuh kita? Tidak ada sama sekali, kan? Kebanyakan wanita menghilangkan bulu rambut tubuh dan mereka tidak menderita karena kehilangan bulu rambut ini. Dengan demikian, bulu rambut tubuh adalah salah satu struktur vestigial manusia yang menunjukkan bahwa kita pernah tertutup dengan bulu. Selain itu, respon alami kita untuk takut dan dingin adalah yang disebut "pili arrector", atau merinding (goose bumps) yang merupakan reaksi dari otot di kulit, mirip dengan mamalia lain, yang mendirikan bulu mereka agar terlihat lebih mengancam, atau untuk pemanasan, karena tuntutan situasi.

7. Amandel
amandel

Selama bertahun-tahun, amandel dianggap sama sekali tidak berguna dan segera disingkirkan tanpa berpikir dua kali, jika mereka sering terinfeksi. Namun, saat ini kita tahu bahwa amandel memang memiliki peran, karena mereka menghentikan bakteri dari mencapai organismekita, sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh kita. Fakta ini tidak mengecualikan mereka, dari daftar organ vestigial tubuh kita. Seperti yang dijelaskan di atas, struktur vestigial adalah organ yang kehilangan peran utama mereka, meskipun mungkin masih menyimpan peran sekunder atau kecil dalam organisme, sehingga amandel juga termasuk.

8. Pasangan Tulang Rusuk Ketiga belas
tulang-rusuk-ketiga-belas

Ini juga adalah hal yang tidak jelas. Karena pasangan tulang rusuk ketiga belas hadir pada kera dan sekitar 8% manusia mewarisi sifat ini karena mereka memiliki sepasang tulang rusuk yang tidak berguna dan kadang-kadang bahkan dapat menyebabkan mereka mendapat masalah. Namun, karena kebanyakan orang tidak memiliki organ ini, kita dapat menyimpulkan bahwa ini hanyalah suatu kelainan.

9. Otot Telinga
otot-telinga

Struktur telinga juga menunjukkan bukti kemampuan yang sekarang tidak berguna. Kera mampu menggerakkan telinga sehingga mereka mampu mendengar dengan lebih baik dan menjadi sadar akan bahaya. Bagi manusia, kemampuan ini menjadi tidak berguna sejak lama dan otot-otot yang bertanggung jawab untuk memindahkan telinga berhenti berkembang dan sekarang tidak efektif. meskipunBeberapa orang masih dapat menggerakkan telinga mereka. Dapatkah Anda menggerakkan telinga?

10. Jari Kelingking Kaki
jari-kelingking-kaki

Di sini kita "menyerang" salah satu item yang paling kontroversial di daftar ini. Apakah kelingking kaki berguna atau tidak berguna? Setelah membaca dan membaca, saya tidak bisa mencapai kesimpulan untuk yang satu ini, sehingga Anda mungkin ingin menjelaskan untuk saya jika Anda bisa! Beberapa orang menganggap bahwa jari kelima adalah mutlak penting untuk keseimbangan kita, sementara yang lain percaya bahwa kelingking kaki adalahsalah satu struktur vestigial tubuh kita, karena kelingking kaki hanya berguna saat memanjat, berayun dan mencengkeram dan tidak mempengaruhi keseimbangan, jadi kita mungkin akan (sedih) kehilangan kelingking kaki di masa depan.

6 komentar

Informasi yang sangat bermanfaat gan :)

Thanks gan. udah mau berkunjung

thanks gan infonya, sangat bermanfaat sekali :D

Terima kasih ya mas jadi bermanfaat :)
saya menjadi tau :)

ok, mas sama-sama
thanks udah berkunjung