Mulut Kotor Picu Tumor Kelenjar Ludah

Mulut Kotor Picu Tumor Kelenjar Ludah - Selain menjaga performa ketika berbicara, mulut yang bersih pasti semakin jauh dari risiko penyakit. Mulai penyakit ringan , seperti sariawan, sampai penyakit berat, seperti tumor.

Menurut spesialis bedah kepala leher RSUD dr Soetomo dr Urip Murtedjo SpB (K) PGD Pal Med, dalam sebulan rumah sakit terbesar di Indonesia timur itu bisa mendapatkan lima sampai tujuh pasien tumor kelenjar liur. Yang paling sering terletak dikelenjar parotis, yakni di area telinga.”Pencetusnya, kurang menjaga kebersihan mulut. Hampir semua kasus disebabkan itu,” tuturnya.

Ketua Forum Pers RSUD dr Soetomo tersebut menjelaskan, kebersihan mulut yang kurang berakibat pada berkumpulnya kuman yang bisa membuntu kelenjar air liur. Kebersihan mulut yang kurang dimulai dari kebiasaan malas menggosok gigi dan meremehkan banyaknya karang gigi.
Bagian tersering yang mengalami kebuntuhan adalah kelenjar parotis (kelenjar ludah). Kebuntuhan itu akan membentuk batu yang berubah menjadi kista berisi cairan. Bila tidak ditangani, kista yang sudah menjadi tumor jinak tersebut akan mengeras dan bisa berubah menjadi tumor ganas yang akhirnya membesar.

Pada penderita tumor kelenjar liur mempunya gejala seperti. Dibawah telinga kirinya terdapat benjolan yang tidak rata. Besarnya hampir sama dengan bola tenis yang tidak beraturan. Badannya panas dingin selama dua minggu. Lalu, tumbuh benjolan di bawah telinga kirinya.