Manfaat Buah Pisang dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Manfaat Buah Pisang dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit - Pisang, Siapa sih, yang nggak kenal buah satu ini…?? Buah yang sangat umum ditemui di daerah kita ini, ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Makanya, anak bayi usia 6 bulan kebawah biasanya sudah bisa diberi pisang sebelum mengenalkannya pada nasi sebagai makanan padat pendamping ASI.
Berikut adalah Manfaat dari buah Pisang:
  1. Bagi Penderita Anemia – dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.
  2. Pisang dan Kecantikan – bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit. Basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari, akan menghasilkan pengaruh yang menakjubkan pada kulit.
  3. Untuk Ibu Hamil – pisang juga disarankan untuk di konsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang sudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.
  4. Bagi penderita Liver – penderita penyakit liver bagus mengkonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan membuat kuat.
  5. Bagi Luka Bakar – Daun pisang dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles, campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan kulit.
  6. Bagi Diabetes – Bagi masyarakat Gorontalo (Sulawesi utara), jenis pisang goroho yakni pisang khas daerah setempat, merupakan makanan tambahan/pokok bagi orang yang menderita penyakit gula/diabetes mellitus, terutama buah pisang groho yang belum matang, kemudian dikukus dan dicampur kelapa parut muda.
  7. Pisang untuk Mengatur Bobot Badan– Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan.