Teknik Dasar SEO Yang Harus Diketahui - Bagi yang telah selesai membuat blog atau website, adalah sesuatu yang pasti harus di pahami tentang search engine optimization (SEO).
Bagi saya SEO adalah kegiatan berat yang jauh melebihi beratnya membuat
artikel maupun perawatan blog karena SEO memerlukan kesabaran dan
mengikuti setiap syarat dari search engine baikgoogle,yahoo,bing maupun ask.com.Berikut ini syarat dan dasar SEO yang harus diketahui.
1. SEM
Singkatan
dari Search Engine Marketing, dan seperti namanya melibatkan jasa
pemasaran atau produk melalui mesin pencari. SEM dibagi menjadi dua
pilar utama: SEO dan PPC. SEO singkatan dari Search Engine Optimization,
dan merupakan praktek mengoptimalkan situs web untuk membuat halaman
mereka muncul dalam hasil pencarian organik. PPC singkatan dari Pay-Per
Click-, dan itu adalah praktek pembelian klik dari search engine. Klik
yang berasal dari daftar disponsori dalam hasil pencarian.
2. Backlink
biasa di
sebut Inlink atau hanya link, itu adalah hyperlink pada blog atau
website lain memberitahukan keberadaan situs blog Anda sendiri.
Backlinks penting untuk SEO karena mempengaruhi langsung PageRank dari
halaman web, mempengaruhi peringkat pencarian.
3. PageRank
PageRank
adalah sebuah algoritma yang digunakan Google untuk memperkirakan
relatif penting dari halaman di seluruh blog Anda. Ide dasar dibalik
algoritma ini adalah fakta bahwa link dari halaman A ke halaman B dapat
dilihat sebagai suara kepercayaan dari halaman A ke halaman B.Semakin
tinggi Jumlah link menuju sebuah halaman, maka semakin tinggi
kemungkinan bahwa halaman tersebut penting.
4. Linkbait
Linkbait
adalah bagian dari konten blog yang dipublikasikan di situs web atau
blog dengan tujuan untuk menarik sebagai backlink sebanyak mungkin
(dalam rangka untuk meningkatkan peringkat pencarian seseorang).
Biasanya itu berupa artikel, tetapi juga bisa menjadi video, gambar,
kuis atau apapun. Sebuah contoh klasik dari linkbait adalah “Top 10″
daftar yang cenderung menjadi populer di situs jejaring sosial.
5. Link farm
Sebuah link
farm adalah sekelompok website atau blog di mana setiap website link ke
setiap website lain, dengan tujuan artifisial meningkatkan PageRank
dari semua kelompok tersebut. Praktek ini berlaku efektif pada hari-hari
awal search engine, tetapi hari ini mereka melihat sebagai suatu teknik
spam.
6. Anchor text
anchor text
dari backlink adalah teks yang dapat diklik pada halaman web. Setelah
kata kunci, anchor text bagus untuk SEO karena Google akan mengaitkan
kata kunci dengan konten website atau blog Anda. Jika Anda memiliki blog
dengan topik “SEO”, maka akan membantu peringkat pencarian Anda jika
beberapa link balik Anda memakai “SEO” sebagai anchor text mereka.
7. Nofollow
nofollow
adalah link atribut yang digunakan oleh pemilik website untuk sinyal ke
Google bahwa mereka tidak mendukung situs web mereka untuk terhubung.
Hal ini dapat terjadi baik ketika link dibuat oleh pengguna sendiri
(misalnya, komentar blog), atau ketika link itu dibayar (misalnya,
sponsor dan pengiklan). Bila Google melihat atribut nofollow pada
dasarnya tidak akan menghitung bahwa link untuk PageRank dan algoritma
pencarian.
8. Link Pahat
Dengan
menggunakan atribut nofollow strategis webmaster mampu menyalurkan
aliran PageRank dalam situs web mereka, sehingga meningkatkan peringkat
pencarian halaman yang diinginkan. Praktek ini tidak lagi efektif karena
Google baru-baru ini mengubah cara menangani atribut nofollow.
9. Title Tag
Title tag
atau judul tag secara harfiah adalah judul sebuah halaman web, dan itu
salah satu faktor paling penting dalam algoritma pencarian Google.
Idealnya title tag Anda harus unik dan mengandung kata kunci halaman
utama blog Anda. Anda dapat melihat tag judul dari setiap halaman web di
atas browser sewaktu melakukan navigasi.
10. Meta Tags
Seperti
judul tag, meta tag digunakan untuk memberikan search engine informasi
lebih lanjut mengenai isi dari halaman Anda. Tag-tag meta ditempatkan
di dalam bagian HEAD dari kode HTML blog Anda, dan dengan demikian tidak
terlihat oleh pengunjung manusia.
11. Algoritma Search Engine
Algoritma
Search Engine Google digunakan untuk mencari halaman web yang paling
relevan untuk setiap permintaan pencarian. Algoritma ini
mempertimbangkan lebih dari 200 faktor (menurut Google itu sendiri),
termasuk nilai PageRank, tag judul, tag meta, isi website, umur domain
dan sebagainya.
12. SERP
Singkatan
Search Engine Results Page. Ini pada dasarnya halaman yang Anda akan
dapatkan ketika Anda mencari kata kunci tertentu di Google atau search
engine lainnya. Jumlah lalu lintas pencari situs Web Anda akan
tergantung pada peringkat yang kita miliki di dalam SERPs.
13. Sandbox
Google pada
dasarnya memiliki indeks yang terpisah, Sandbox, dimana tempat semua
situs web yang baru ditemukan. Ketika website berada di Sandbox, mereka
tidak akan muncul dalam hasil pencarian untuk permintaan pencarian yang
normal. Setelah Google memverifikasi bahwa website ini sah, maka blog
kita akan bergerak keluar dari Sandbox ke dalam indeks utama.
14. Keyword Density
Untuk
mencari keyword density dari setiap halaman tertentu Anda hanya perlu
melihat berapa kali kata kunci digunakan dalam sebuah halaman.
Kepadatan Kata kunci menjadi faktor penting SEO , karena algoritma awal
menempatkan penekanan yang berat di atasnya. Sekarang tidak berlaku
lagi.
15.Keyword Stuffing
Sejak
kepadatan kata kunci merupakan faktor penting pada algoritma search
engine dulu, webmaster mulai permainan sistem artifisial dengan
menggembungkan kepadatan kata kunci di dalam situs blog mereka. Ini
disebut Keyword Stuffing. Hari-hari ini praktek ini tidak akan membantu Anda, dan juga bisa membuat Anda dihukum.
16. Cloaking
Teknik ini
melibatkan membuat halaman web yang sama menampilkan konten yang berbeda
antara yang di baca mesin pencari dan pengunjung manusia. Tujuannya
adalah untuk mendapatkan peringkat halaman untuk kata kunci tertentu,
dan kemudian menggunakan lalu lintas masuk untuk mempromosikan produk
atau jasa yang tidak terkait. Praktek ini sedang dianggap spamming dan
dapat membuat blog Anda masuk sandbox atau bahkan banned .
17. Web Crawler
Juga
pencari yang disebut bot atau spider, ini adalah program komputer yang
menelusuri web atas nama search engine, mencoba untuk menemukan link
baru dan halaman baru. Ini adalah langkah pertama pada proses indeksasi.
18. Duplikat konten
Duplikat
konten umumnya mengacu ke blok substantif konten dalam atau di domain
yang baik benar-benar cocok dengan konten lainnya atau lumayan serupa.
Anda harus menghindari duplikat konten di situs Web Anda karena dapat
membuat Anda dihukum.
19. Canonical URL
Canonicalization
adalah proses untuk mengkonversi data yang memiliki lebih dari satu
representasi yang mungkin menjadi representasi “standar” kanonik. Sebuah
URL kanonik, adalah URL standar untuk mengakses halaman tertentu dalam
situs blog Anda. Sebagai contoh, versi kanonik dari domain Anda mungkin
http://www.domain.com bukan http://domain.com.
20. Robots.txt
Ini tidak
lebih dari sebuah file, yang ditempatkan di root domain, yang digunakan
untuk menginformasikan bot pencarian tentang struktur situs web. Sebagai
contoh, melalui file robots.txt sangat memungkinkan untuk memblokir
pencarian spesifik robot dan untuk membatasi akses ke folder tertentu
dari bagian dalam website atau blog.