Teknik Dasar SEO Yang Harus Diketahui - Bagi yang telah selesai membuat blog atau website, adalah sesuatu yang pasti harus di pahami tentang  search engine optimization (SEO).
 Bagi saya SEO adalah kegiatan berat yang jauh melebihi beratnya membuat
 artikel maupun perawatan blog karena SEO memerlukan kesabaran dan 
mengikuti setiap syarat dari search engine baikgoogle,yahoo,bing maupun ask.com.Berikut ini syarat dan dasar SEO yang harus diketahui.
1. SEM
Singkatan 
dari Search Engine Marketing, dan seperti namanya melibatkan jasa 
pemasaran atau produk melalui mesin pencari. SEM dibagi menjadi dua 
pilar utama: SEO dan PPC. SEO singkatan dari Search Engine Optimization,
 dan merupakan praktek mengoptimalkan situs web untuk membuat halaman 
mereka muncul dalam hasil pencarian organik. PPC singkatan dari Pay-Per 
Click-, dan itu adalah praktek pembelian klik dari search engine. Klik 
yang berasal dari daftar disponsori dalam hasil pencarian.
2. Backlink
biasa di 
sebut  Inlink atau hanya link, itu adalah hyperlink pada blog atau 
website lain memberitahukan keberadaan situs blog Anda sendiri. 
Backlinks penting untuk SEO karena mempengaruhi langsung PageRank dari 
halaman web, mempengaruhi peringkat pencarian.
3. PageRank
PageRank 
adalah sebuah algoritma yang digunakan Google untuk memperkirakan 
relatif penting  dari halaman di seluruh blog Anda. Ide dasar dibalik 
algoritma ini adalah fakta bahwa link dari halaman A ke halaman B dapat 
dilihat sebagai suara kepercayaan dari halaman A ke halaman B.Semakin 
tinggi Jumlah  link menuju sebuah halaman, maka semakin tinggi 
kemungkinan bahwa halaman tersebut penting.
4. Linkbait
Linkbait 
adalah bagian dari konten blog yang dipublikasikan di situs web atau 
blog dengan tujuan untuk menarik sebagai backlink sebanyak mungkin 
(dalam rangka untuk meningkatkan peringkat pencarian seseorang). 
Biasanya itu berupa artikel, tetapi juga bisa menjadi video, gambar, 
kuis atau apapun. Sebuah contoh klasik dari linkbait adalah “Top 10″ 
daftar yang cenderung menjadi populer di situs jejaring sosial.
5. Link farm
Sebuah link
 farm adalah sekelompok website atau blog di mana setiap website link ke
 setiap website lain, dengan tujuan artifisial meningkatkan PageRank 
dari semua kelompok tersebut. Praktek ini berlaku efektif pada hari-hari
 awal search engine, tetapi hari ini mereka melihat sebagai suatu teknik
 spam.
6. Anchor text
anchor text
 dari backlink adalah teks yang dapat diklik pada halaman web. Setelah 
kata kunci, anchor text bagus untuk SEO karena Google akan mengaitkan 
kata kunci dengan konten website atau blog Anda. Jika Anda memiliki blog
 dengan topik “SEO”, maka akan membantu peringkat pencarian Anda jika 
beberapa link balik Anda memakai “SEO” sebagai anchor text mereka.
7. Nofollow
nofollow 
adalah link atribut yang digunakan oleh pemilik website untuk sinyal ke 
Google bahwa mereka tidak mendukung situs web mereka untuk terhubung. 
Hal ini dapat terjadi baik ketika link dibuat oleh pengguna sendiri 
(misalnya, komentar blog), atau ketika link itu dibayar (misalnya, 
sponsor dan pengiklan). Bila Google melihat atribut nofollow pada 
dasarnya tidak akan menghitung bahwa link untuk PageRank dan algoritma 
pencarian.
8. Link Pahat
Dengan 
menggunakan atribut nofollow strategis webmaster mampu menyalurkan 
aliran PageRank dalam situs web mereka, sehingga meningkatkan peringkat 
pencarian halaman yang diinginkan. Praktek ini tidak lagi efektif karena
 Google baru-baru ini mengubah cara menangani atribut nofollow.
9. Title Tag
Title tag 
atau judul tag secara harfiah adalah judul sebuah halaman web, dan itu 
salah satu faktor paling penting dalam algoritma pencarian Google. 
Idealnya title tag Anda harus unik dan mengandung kata kunci  halaman 
utama blog Anda. Anda dapat melihat tag judul dari setiap halaman web di
 atas browser sewaktu melakukan navigasi.
10. Meta Tags
Seperti 
judul tag, meta tag digunakan untuk memberikan search engine informasi 
lebih lanjut mengenai isi dari halaman Anda. Tag-tag meta  ditempatkan 
di dalam bagian HEAD dari kode HTML blog Anda, dan dengan demikian tidak
 terlihat oleh pengunjung manusia.
11. Algoritma Search Engine
Algoritma 
Search Engine Google digunakan untuk mencari halaman web yang paling 
relevan untuk setiap permintaan pencarian. Algoritma ini 
mempertimbangkan lebih dari 200 faktor (menurut Google itu sendiri), 
termasuk nilai PageRank, tag judul, tag meta, isi website, umur domain 
dan sebagainya.
12. SERP
Singkatan 
Search Engine Results Page. Ini pada dasarnya halaman yang Anda akan 
dapatkan ketika Anda mencari kata kunci tertentu di Google atau search 
engine lainnya. Jumlah lalu lintas pencari situs Web Anda akan 
tergantung pada peringkat yang kita miliki di dalam SERPs.
13. Sandbox
Google pada
 dasarnya memiliki indeks yang terpisah, Sandbox, dimana tempat semua 
situs web yang baru ditemukan. Ketika website berada di Sandbox, mereka 
tidak akan muncul dalam hasil pencarian untuk permintaan pencarian yang 
normal. Setelah Google memverifikasi bahwa website ini sah, maka blog 
kita akan bergerak keluar dari Sandbox  ke dalam indeks utama.
14. Keyword Density
Untuk 
mencari keyword density dari setiap halaman tertentu Anda hanya perlu 
melihat berapa kali kata kunci digunakan dalam sebuah  halaman. 
Kepadatan Kata kunci menjadi faktor penting SEO , karena algoritma awal 
menempatkan penekanan yang berat di atasnya. Sekarang tidak berlaku 
lagi.
15.Keyword Stuffing
Sejak 
kepadatan kata kunci merupakan faktor penting pada algoritma search 
engine dulu, webmaster mulai permainan sistem artifisial dengan 
menggembungkan kepadatan kata kunci di dalam situs blog mereka. Ini 
disebut Keyword Stuffing. Hari-hari ini praktek ini tidak akan membantu Anda, dan juga bisa membuat Anda dihukum.
16. Cloaking
Teknik ini 
melibatkan membuat halaman web yang sama menampilkan konten yang berbeda
 antara yang di baca mesin pencari dan pengunjung manusia. Tujuannya 
adalah untuk mendapatkan peringkat halaman untuk kata kunci tertentu, 
dan kemudian menggunakan lalu lintas masuk untuk mempromosikan produk 
atau jasa yang tidak terkait. Praktek ini sedang dianggap spamming dan 
dapat membuat blog Anda masuk sandbox atau bahkan banned .
17. Web Crawler
Juga 
pencari yang disebut bot atau spider, ini adalah program komputer yang 
menelusuri web atas nama search engine, mencoba untuk menemukan link 
baru dan halaman baru. Ini adalah langkah pertama pada proses indeksasi.
18. Duplikat konten
Duplikat 
konten umumnya mengacu ke blok substantif konten dalam atau di domain 
yang baik benar-benar cocok dengan konten lainnya atau lumayan serupa. 
Anda harus menghindari duplikat konten di situs Web Anda karena dapat 
membuat Anda dihukum.
19. Canonical URL
Canonicalization
 adalah proses untuk mengkonversi data yang memiliki lebih dari satu 
representasi yang mungkin menjadi representasi “standar” kanonik. Sebuah
 URL kanonik, adalah URL standar untuk mengakses halaman tertentu dalam 
situs blog Anda. Sebagai contoh, versi kanonik dari domain Anda mungkin 
http://www.domain.com bukan http://domain.com.
20. Robots.txt
Ini tidak 
lebih dari sebuah file, yang ditempatkan di root domain, yang digunakan 
untuk menginformasikan bot pencarian tentang struktur situs web. Sebagai
 contoh, melalui file robots.txt sangat memungkinkan untuk memblokir 
pencarian spesifik robot  dan untuk membatasi akses ke folder tertentu 
dari bagian dalam website atau blog.
